Mulai dari Buku Tamu Digital Hingga Produk Olahan, Ini Inovasi Terbaru BBPP Lembang
LEMBANG. Senin (19/7) menjadi hari pertama pelaksanaan kembali apel pagi di halaman kantor utama Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang. Dengan penuh semangat nampak seluruh pegawai telah bersiap melaksanakan apel pagi.
Apel dilaksanakan secara luring dan daring melalui zoom virtual conference. Pada kesempatan ini, pembina apel merupakan Kepala BBPP Lembang, Ajat Jatnika. Selain memberikan pembinaan dan pesan terhadap para pegawai, momen apel dimanfaatkan Ajat memperkenalkan inovasi BBPP Lembang.
Buku tamu digital, menjadi inovasi pertama yang diperkenalkannya. Dikemas dalam bentuk QR Code yang tertera pada kartu tamu, setiap tamu yang berkunjung ke BBPP Lembang wajib menukarkan kartu identitas dengan kartu tamu atau guest card tersebut. Pada sisi belakang terdapat QR Code yang dapat oleh tamu dan langsung mengubungkan kepada buku tamu digital yang wajib diisi oleh setiap pengunjung.
Hal serupa juga diterapkan pada kartu peserta pelatihan. Melalui QR Code yang tertera pada sisi belakang kartu peseerta pelatihan, peserta dapat men-scan dan mengakses materi pada Learning Management System (LMS) BBPP Lembang.
Lebih lanjut, QR Code juga dibuat dalam bentuk kartu survei yang akan diberikan kepada setiap pengunjung setelah selesai melakukan kunjungannya ke BBPP Lembang. Pada kartu tersebut terdapat QR Code yang menghubungkan kepada link form survei yang harus diizi oleh peserta. Adapun penilaian pada survei mencakup kepuasan pengunjung terhadap pelayanan informasi dan kehumasan BBPP Lembang. Pengunjung juga dapat memberikan kritik dan saran melalui form tersebut.
Inovasi selanjutnya yakni Mastohi atau manisan produk hijau dan Mastoma atau manisan tomat merah. Kedua produk tersebut merupakan hasil dari Widyaiswara Divisi Pengolahan Hasil, Labolatorium Pengolahan Hasil Pertanian (PHP) BBPP Lembang. Dibuat dengan tomat segar dan bahan-bahan yang mudah didapat agar mudah pula untuk dipraktikan di lingkup rumah tangga, label kemasan Mastohi dan Mastoma juga disertai QR Code yang dapat discan oleh konsumen. QR Code akan menampilkan informasi yang bermanfaat untuk konsumen mulai dari bahan dasar produk, asal tomat yang digunakan, informasi penanaman tomat, teknik pembuatan manisan, dan contact person jika konsumen berminat mengikuti pelatihan pengolahan tomat lainnya di BBPP Lembang
Inovasi ini menjadi langkah awal BBPP Lembang untuk terus berkembang terutama di tengah tuntutan era digitalisasi dan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi. Ajat berpesan kepada seluruh pegawai BBPP Lembang agar dapat meningkatkan kemampuan dan dapat beradaptasi dengan kemajuan teknologi demi memberikan pelayanan yang maksimal (DRY)