PROSES BELAJAR ORANG DEWASA

bbppl-kbm1Kegiatan proses belajar mengajar bertujuan untuk merubah kompetensi dan perilaku peserta. Dalam proses ini, peserta tidak hanya diberikan tambahan informasi mengenai keilmuan dan pengetahuan semata, namun juga bagaimana perubahan sikap peserta agar dapat menerapkan hasil proses belajar mengajar yang diikutinya. Ada beberapa aspek yang diharapkan akan meningkat setelah mengikuti proses belajar mengajar yaitu:

1.Aspek kognitif, yaitu Kemampuan mengingat dan mengembangkan intelelegensia
  Ada 6 Tahapan yaitu :
  a.Pengetahuan yaitu dapat mengingat kembali atau /hapal
  b.Pengertian/ pemahaman yaitu dapat menerangkan dan dapat menyimpulkan.
  c.Penerapan yaitu dapat menggunakan pengertian itu untuk dapat memecahkan masalah
  d.Analisa yaitu dapat menguraikan , sehingga jelas unsur-unsur dan strukturnya
  e.Sintesa yaitu dapat menghubung-hubungkan  sehingga dapat menciptakan suasana yang baru, dapat mengembangkan  kreatifitas  
  f.Evaluasi yaitu dapat menilai suatu hal tertentu berdasarkan pengetahuaannya.

2.Aspek afektif, yaitu Kemampuan merubah sikap, kejiwaan(minat), perasaan dan kesediaan untuk melakukan sesuatu berdasarkan norma
  Ada 5 tahapan  yaitu :

  a)Penerimaan yaitu dapat menerima hal yang baru dengan menunjukan minat
  b)Partisipasi yaitu dapat menanggapi dengan menunjukan minat yang besar dan cenderung mendiskusikannya.
  c)Penilaian yaitu dapat menilai fakta-fakta yang diperolehnya, sehingga timbul keyakinan dengan hal baru tersebut.
  d)Organisasi yaitu dapat menyusun tatanilai dari hal-hal yang baru diperolehnya pada dirinya.
  e)Pembentukan pola yaitu dapat memilih hal yang baik dan untuk tetap dilakukannya

3.Aspek Psikomotorik, yaitu perubahan perilaku berdasarkan pada keterampilan/skill  
  Ada 5 tahapan yaitu :
  a)Persepsi yaitu dapat menirukan keterampilan yang dilihat
  b)Kesiapan  yaitu dapat berusaha memiliki keterampilan yang dapat dilihatnya dengan berlatih berulang-ulang
  c)Gerakan
    •Gerakan terbimbing dapat melakukan keterampilan dengan baik
    •Gerakan terbiasa yaitu dapat menggabung-gabungkan pekerjaan, sehingga merupakan suatu keterampilan yang utuh.
    •Gerakan komplek yaitu melakukan pekerjaan dengan baik ,luwes, lancer,gesit dan lincah
  d)Penyesuaian gerak yaitu dapat menyesuaikan keterampilan yang diperolehnya, dengan mengadaptasikan , mengubah  atau membuat variasi baru.
  e)Kreatifitas yaitu dapat merancang , menciptakan , mendesain  atau mengkombinasikan  sesuatu sehingga menjadi bentuk baru.
    Dari kelima unsur tersebut merupakan yang tidak dapat dipisahkan , bila kita akan merakit stimulasi dan motivasi dari interaksi kelima unsur tersebut dan harus menyentuh   aspek-aspek prilaku tersebut diatas.
    •Aspek kognitif  yaitu perubahan perilaku yang berkaitan dengan proses berfikir/penalaran
    •Aspek Afektif yaitu perubahan perilaku yang berkaitan dengan sikap kejiwaan/perasaan
    •Aspek psikomotorik yaitu keterampilan fisik (bila perlu menyentuh pula aspek kongnitifnya)
    •Aspek kongnitif yaitu berkaitan dengan harapan, keinginan atau cita-cita.

*Dari berbagai sumber